Monday, July 09, 2007

The Road to Semeru

Mahameru adalah puncak Gunung Semeru yang terkenal eksotis dan menantang. Gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan status sangat aktif. Ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Konon dari puncak semeru kita akan bisa melihat seluruh puncak gunung-gunung tinggi di Nusantara dari timur ke barat mulai dari Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Agung di Bali, Gunung Merapi di Jogja, dan gunung Kerinci di Lampung. Ini adalah foto-foto gw dalam perjalanan menggapai Mahameru.
Gunung Semeru dari kejauhan yang akan kita daki (dengan kepulan asap dipuncaknya). Dibawahnya adalah gunung bromo. Aduuuh jauh dan berat banget nich perjalanannya kayaknya. Kira-kira sampai nggak ya ke Mahameru? Waktu itu gw pergi cuma berdua dengan temen, namanya Yudo anak Kediri sekitar bulan Novenber 2001. 
Berikut adalah estimasi waktu dan jarak yang dibutuhkan untuk mendaki puncak Semeru di mulai dari kota Malang, Jawa Timur.
Malang - Tumpang , 18 km - 45 minutes , naik tranportasi angkutan umum
Tumpang - Gubuk klakah, 12 km - 45 minutes , naik tranportasi angkutan umum
Gubuk klakah - Ranu Pani , 18 km - 120 minutes , naik tranportasi angkutan umum (jeep sewa)
Ranu Pani-Watu Rejeng, 5 km - 90 minutes (Jalan Kaki)
Watu Rejeng-Ranu Kumbolo, 4,5km - 90 minutes (Jalan Kaki)
Ranu Kumbolo-Kalimati , 4,9km - 120 minutes (Jalan Kaki)
Kalimati - Arcopodo , 1 km - 60 minutes (Jalan Kaki)
Arcopodo - Puncak Semeru (Mahameru), 1,32 km - 180 minutes (Jalan Kaki)
Waduuuhhhh nyangkut ranting pohon waktu baru start perjalanan di Ranu Pani-Watu Rejeng.
Lumayan capek nich naik gunung turun lembah. Ini adalah padang safana pertama di dekat Danau Ranukumbolo di ketinggian sekitar pertengahan perjalanan menuju puncak semeru. Ini adalh rute Watu Rejeng-Ranu Kumbolo
Ini dia Danau Ranukumbolo di atas ketinggian sekitar 2500 mdpl dalam perjalanan menuju puncak semeru. Temen gw (Yudo) lagi cuci piring di danau. Gw capek banget nich jadi istirahat dulu di tenda kami di pinggir danau sambil makan indomie kriuuuuukkk... uenak tenan. Kami harus istirahat 1 malam di Ranukombolo untuk melanjutkan perjalanan di keesokan harinya.
Minum kopi panas dalam kedinginan uenak tenan bro...
Sekitar 1/2 hari perjalanan dari Ranukumbolo kami istirahat lagi di Kalimati. Sebelum melanjutkan perjalanan dimana didepan kami adalah Hutan Belantara terakhir yang paling lebat yang masih tersisa di bumi. Dan mungkin Raja Hutan sudah menunggu di sana. Jadi kami harus siapkan stamina dulu. Setelah melewati Hutan terakhir ini baru kami akan sampai di kaki gunung semeru. Ini adalah tempat peristirahatan yang dinamakan Kalimati.
Akhirnya kami sampai di kaki gungung semeru yang dinamakan Arcopodo. Di titik ini kami harus istirahat dulu karena pendakian ke Puncak Mahameru harus dilakukan pada malam hari sekitar jam 1 malam sehingga pas sampai di puncak, keindahana sunrise sudah menunggu dengan indahnya. Perjalanan ke puncak kawah semeru dari kaki semeru ditempuh dalam waktu 1/2 malam pendakian.
Waduh gelap baget gw hampir terjun ke jurang nich. Ini udah di pinggang semeru nich, jadi kira-kira 1/3 malam lagi sampai ke puncak. Pendakian ini adalah yang terberat dalam 3 tahun terakhir sepanjang pendakian gunung yang pernah gw lakukan. Rute ini adalah Arcopodo - Puncak Semeru (Mahameru)
Gileee bok, akhirnya gw sampai juga ke puncak Mahameru nich. Allahu Akbar !!! Allahu Akbar !!! Allahu Akbar !!!
Inilah Mahameru, puncak tertinggi di pulau Jawa
Mengabadikan gaya dan moment di puncak Mahameru
  
Dan ini adalah Wedus Gembel yang terkenal di moncong Semeru yang indah itu
Jangan lupa ajak saya lagi kalau mo naik ke Mahameru, gw kangen nich bro...


Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels with Yahoo! FareChase.

0 Comments: