Monday, December 31, 2007

Sekilas tentang Content Provider


 

Mungkin anda sering melihat bagaimana di berbagai media massa, termasuk tabloid yang sedang anda baca ini, begitu bertebaran-nya iklan layanan SMS Premium dengan berbagai short code 4 digit-nya masing-masing. Tentunya sempat muncul dibenak anda, apakah sebegitu menguntungkannya bisnis tersebut sehingga dari hari ke hari iklan SMS Premium muncul dimana-mana. Dan jika memang demikian tentunya anda ingin tahu dong bagaimana cara membuat CP alias Content Provider? Jika anda berpikir aplikasi-aplikasi tersebut dibangun dengan menggunakan biaya besar alias membayar, jawabannya tentu saja tidak ! Artikel ini hanya membahas cara membuat CP dari sudut teknis. Sisi administratif dan marketing diluar pembahasan dalam artikel ini.

Untuk membuat CP sendiri, tentu saja anda perlu tahu teknologi atau protokol apa yang digunakan masing-masing operator untuk berkomunikasi dengan server anda. Umumnya operator mensyaratkan anda harus memiliki server dengan IP publik sendiri dan bukan hosting (sewa space server). Server ini fungsinya untuk menampung data SMS yang khusus masuk melalui short code anda, kemudian memprosesnya (menentukan jawaban/reply atau data apa yang harus dikirim ulang ke nomor HP pengguna yang memintanya), dan mengirimkannya kembali ke SMSC operator bersangkutan. Dari tabel 1. anda bisa lihat teknologi/protokol apa yang digunakan oleh masing-masing operator di Indonesia.

 

Tabel 1. Protokol Koneksi Antara Operator dan CP

Operator

Protokol yang digunakan

Telkomsel

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

IM3

SMPP (Short Message Peer to Peer)

Satelindo

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

XL

HTTPs (HyperText Transfer Protocol Secure), SMPP

Telkom Flexi

SMPP (Short Message Peer to Peer)

Mobile 8

SMPP (Short Message Peer to Peer)

esia

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

StarOne

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

3 (Hutchison)

SMPP (Short Message Peer to Peer)

 

SMPP

Merupakan protokol standar dalam industri telekomunikasi yang dikhususkan untuk pertukaran pesan singkat atau SMS antar SMSC. Protokol ini didesain berpasangan dan didasarkan pada konsep pertukaran data dengan cara pengiriman data request/response lewat PDU atau protocol data unit melalui lapisan keempat OSI (Open System Interconnection) menggunakan koneksi TCP atau X.25 SVC3. Untuk efisiensi, data tersebut berupa data biner yang dikodekan. Protokol SMPP yang digunakan operator umumnya adalah versi 3.4. Pada versi ini, pada satu koneksi dapat dilakukan pengiriman maupun penerimaan pesan. Pertukaran data dilakukan secara sinkron maupun asinkron.

 

HTTP/s

Protokol ini sangatlah populer seiring dengan populer-nya Internet dan World Wide Web alias Web. Termasuk juga didalamnya WAP (Wireless Application Protocol). Seperti juga SMPP, HTTP juga merupakan protokol dengan konsep request/response antara client dengan server. Dimana yang bertindak sebagai client misalnya adalah web browser dan sering disebut sebagai user agent. Server, digunakan untuk menyimpan dan memperoses data misalnya gambar atau HTML untuk ditampilkan kepada client. Perbedaannya dengan SMPP adalah pada sifat HTTP yang lebih publik dibandingkan SMPP yang cenderung privat. HTTPS sendiri merupakan versi HTTP dengan koneksi yang aman.Default port yang digunakan untuk mengaksesnya adalah nomor 443 berbeda dengan HTTP yang menggunakan 80 atau 8080.

 

Software/Aplikasi Gratisan yang bisa digunakan.

Jika anda berpikir bahwa para CP membuat sendiri aplikasi SMS Gateway-nya sendiri, anda sepenuhnya salah Yang paling tepat adalah, umumnya para CP memodifikasi beberapa aplikasi software open source alias gratisan disesuaikan dengan struktur dan jenis layanan yang akan digunakan. Umumnya, khusus protocol SMPP saja yang sedikit rumit implementasinya.

Patut diingat, untuk dapat terhubung dengan operator, tentunya setelah proses administrasi dengan pihak operator seluler, akan mendapatkan semacam login dan password yang telah terdaftar dan diberi hak akses dengan level tertentu ke jaringan operator. Berikut adalah beberapa aplikasi/software yang biasa dimodifikasi para CP.

 

Logica (http://opensmpp.logica.com/)

Logica ini dikhususkan untuk protocol SMPP. Ada dua platform bahasa pemrograman yang bias digunakan yaitu Java dan Visual Basic atau VB. Umumnya, CP yang menggunakan system operasi yang open source lebih memilih Java ketimbang VB. Dengan menggunakan versi Java, modifikasi yang perlu dan dapat dilakukan pun lebih banyak. Selain library yang bisa digunakan bersama dengan aplikasi Java-nya, di situs tersebut tersedia pula simulator yang dapat digunakan untuk anda menguji aplikasi SMPP anda sebelum dihubungkan dengan SMSC yang sesungguhnya. Sebagian besar source yang diberikan di situs ini menggunakan Java dan minim dengan user interface berbentuk grafis. Jadi jangan kecewa jika anda hanya akan banyak bermain-main dengan command prompt di Windows atau shell di sistem operasi Linux

 

Kannel (http://www.kannel.org/)

Kannel juga cukup popular digunakan oleh para CP. Selain karena protocol yang didukungnya lebih lengkap (SMPP,HTTP, UCP, EMI), platform bahasa pemrograman yang menggunakan C pun dianggap memperkuat performa Kannel yang lebih cepat. Meski demikian tak semua operator menyarankan untuk menggunakan Kannel ini karena adanya isu stabilitas layanan. Umumnya CP-CP dengan kapasitas SMS per detik yang besar memodifikasi aplikasinya dari Kannel ini. Kannel bukan sekedar SMS gateway tapi juga dapat digunakan sebagai WAP Gateway. Penggunaan utama Kannel adalah untuk koneksi HTTP.

 

SMPP Class untuk PHP  (http://www.phpclasses.org/browse/package/1373.html)

Khusus untuk anda yang lebih suka dengan bahasa pemrograman PHP (tentunya karena bahasa ini salah satu yang paling populer digunakan di dunia web), anda pun bisa mencoba menggunakan class SMPP yang dikhususkan untuk berkomunikasi dengan SMSC operator. Cara menggunakannya cukup mudah, namun sayangnya hanya dapat mengirimkan SMS saja. Untuk menerima SMS, pihak pembuatnya tidak menawarkannya secara gratis.

 

Cukup mudah dan murah bukan? Jadi bagaimana, siap untuk membuat CP sendiri ?



Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.

1 Comments:

Anonymous said...

Saya mencari CP Yang mau menjual CP nya terutama Nomor Sortnumber nya.
Bagi yang tertarik silahkan Hubungi 021-92513744