Thursday, August 28, 2008

Al-Qur'an Digital Dibawa ke Kamar Mandi, Bagaimana Hukumnya?

Source: http://www.detikinet.com/read/2008/08/28/140951/996243/328/al-quran-digital-dibawa-ke-kamar-mandi-bagaimana-hukumnya

Dalam ajaran agama Islam, kitab suci Al-Qur'an tidak diperkenankan untuk dibawa ke kamar mandi. Bagaimana dengan Al-Qur'an digital? Bolehkah dibawa? Bagaimana hukumnya?

Seperti yang telah disepakati para ulama Islam, Al-Qur'an tidak boleh dibawa ke kamar mandi atau toilet. Namun, bukan berarti hukum tersebut bisa diberlakukan kepada Al-Qur'an digital.

Demikian dikatakan pakar ekonomi Islam Syafii Antonio kepada detikINET, di sela-sela peluncuran Axis Salam, Kamis (28/8/2008).

Syafii menilai Al-Qur'an digital sah-sah saja dibawa ke kamar mandi. Pasalnya Al-Qur'an digital menggunakan memori dan hard disk sebagai tempat penyimpanan. Syafii menganalogikan hard disk tersebut sebagai otak manusia.

"Lalu bagaimana dengan hafidz (orang yang hafal Al-Qur'an-red)? Mereka kan hafal semua isi Al-Qur-an, apa gak boleh ke kamar mandi?" ucapnya.

Syafii menegaskan bahwa larangan untuk tidak membawa Al-Qur'an ke kamar mandi saat ini baru berlaku untuk Al-Qur'an yang dalam bentuk cetakan saja, belum berlaku untuk yang versi digital.

Seperti diketahui, para operator telekomunikasi mulai marak menawarkan konten berbau Islami melalui ponsel, termasuk di dalamnya Al-Qur'an digital, ringtone Islami dan sebagainya.

0 Comments: