Monday, October 06, 2008

Status Gunung Berapi





Status gunung berapi terbagi atas 4 level, yaitu: Aktif Normal (level 1), Waspada (level 2), Siaga (level 3) dan level tertinggi adalah Awas. Makna dari masing-masing level tsb adalah:
  • Aktif Normal: merupakan level aktivitas dasar, tidak ada gejala aktivitas tekanan magma. Pada level ini terus dilakukan pengamatan rutin, juga survei dan penyelidikan.
  • Waspada: terdapat kenaikan aktivitas di atas level normal, terjadi peningkatan aktivitas seismik dan kejadian vulkanis lainnya, dan sedikit perubahan aktivitas yang disebabkan oleh aktivitas magma, tektonik dan hidrothermal. Bila gunung berapi memasuki level ini, maka dilakukan penyuluhan atau sosialisasi oleh instansi terkait kepada masyarakat khususnya yang berada di lereng-lereng gunung. Disamping itu juga dilakukan penilaian bahaya dan pengecekan sarana, serta dilaksanakan piket terbatas.
  • Siaga: terjadi peningkatan intensif kegiatan seismik, semua data menunjukkan bahwa aktivitas dapat segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana. Jika trend peningkatan berlanjut, letusan dapat terjadi dalam waktu 2 minggu. Maka tindakan yang diperlukan adalah sosialisasi di wilayah terancam bencana, penyiapan sarana darurat, koordinasi harian serta piket penuh.
  • Awas: status ini bermakna gunung berapi akan segera meletus atau sedang meletus atau keadaan kritis yang dapat menimbulkan bencana setiap saat. Letusan pembukaan dimulai dengan abu dan asap. Letusan berpeluang terjadi dalam waktu 24 jam. Maka wilayah yang terancam direkomendasikan untuk dikosongkan. Tetap dilaksanakan koordinasi harian dan piket penuh.

"
Apakah wajar artis ikut Pemilu?
Temukan jawabannya di Yahoo Answers! "

0 Comments: