Wednesday, December 10, 2008

Ganasnya Serangan Virus Lokal di 2008

Source : detikinet 

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Peredaran virus komputer yang wara-wiri di Indonesia pada 2008 ini tak bisa dilepaskan dari geliat virus lokal. Bahkan, serangannya dinilai sebanding dengan virus luar.

Pakar anti virus dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, sekitar 100 varian virus terdeteksi tiap bulannya. Dengan demikian, bisa dibayangkan berapa besarnya serbuan virus ini dalam kurun waktu setahun.

Nah, tentunya dari rentetan varian virus ini ada beberapa yang menonjol. Beberapa di antaranya dianggap mempunyai dampak besar bagi korbannya. Dilansir detikINET dari Vaksincom, Selasa (9/12/2008), mereka antara lain:

W32Dewi.161081
Virus yang lebih dikenal sebagai 'sang perawan' ini mulai menyebar pada Februari 2008. Virus ini menginfeksi file gambar dengan extensi .jpg, sehingga file asli tidak dapat dibuka. Tetapi tidak seperti kebanyakan virus lainnya, 'sang perawan' ini tidak memblok beberapa fungsi windows. Hanya saja ia menempatkan diri pada folder start up, sehingga setiap kali user menghidupkan PC, virus ini akan selalu menggandakan diri.

Cetix
Virus yang disinyalir berasal dari Bali ini mulai beredar sejak April 2008. Selain menginfeksi file microsoft word (.doc), cetix juga dapat menyerang folder dan virus ini pun dapat mempertahankan dirinya dengan cara melakuan restart komputer jika penggunanya berusaha menjalankan program yang berusaha mematikan virus.

Virus Hampa W32/Agent.EAOI
'Salam hangat buat orang medan' kalimat itulah yang akan muncul ketika komputer kita terjangkit virus hampa atau W32/Agent.EAOI ini. Virus yang suka menampilkan pesan-pesan dalam bahasa Medan tersebut mulai terdengar gaungnya sejak Mei 2008. Virus ini menempatkan diri pada memori komputer dan termasuk jenis virus yang sulit dihilangkan. Pasalnya, virus hampa akan melakukan log off jika kita berusaha menghapusnya. Tak tanggung-tanggung, folder maupun subfolder akan disembunyikan oleh virus ini terutama file dari flashdisk.

W32/Alman (Almanahe)
Virus ini sempat merepotkan banyak pengguna komputer di bulan Juli 2008. Memanfaatkan flashdisk atau disket sebagai media penyebarannya, W32 akan menanamkan file yang akan secara otomatis jalan jika pengguna mulai mengkoneksikan flashdisk atau disket tersebut ke dalam PC. Virus ini pun mempunyai kehebatan yang unik, ia dapat mengupdate dirinya sendiri layaknya program anti virus dan akan mencoba mendownload malware tertentu. ( ash / faw )


Bersenang-senang di Yahoo! Messenger dengan semua teman
Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang!

0 Comments: