Wednesday, February 11, 2009

Air Sumur Qur'an Sunan Bonang Diyakini Bikin Anak Cerdas

 
TB Utama - detikSurabaya


Air dari Sumur Jadi Rebutan Peziarah
Tuban - Sejak sebulan terakhir air sumur Qur'an di kompleks makam Sunan Bonang, di Kelureahan Kutorejo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban menjadi rebutan peziarah. Diyakini air dari sumur tua ini, bisa menjadikan anak usia pertumbuhan menjadi cerdas setelah meminum airnya.

Ada pula yang mempercayai jika meminum air sumur tinggalan Sunan Bonang ini bisa memiliki ketentraman batin. Sebagian lainnya mempercayai setelah membasuh wajah dengan air sumur itu, aura wajah makin bersinar.

Pantauan detiksurabaya.com di kompleks makam Sunan Bonang menyebutkan, peziarah menyempatkan mengambil air dari sumur Qur'an untuk oleh-oleh selepas berziarah di makam sunan bernama asli Makdum Ibrahim tersebut. Petugas pengelola makam pun melayani mereka dengan telaten, apalagi rata-rata peziarah telah menyiapkan botol untuk diisi airnya.

"Saya dua minggu lalu mengambil air dari sumur Qur'an, anak saya sekarang gampang menerima pelajaran dari gurunya. Saya yakin ini pengaruh setelah meminum air sumur milik Mbah Sunan Bonang," ungkap Rachmad Setiadi (42), peziarah asal Boyolali, Jateng saat ditemui di kompleks makam Sunan Bonang, Rabu (11/2/2009) siang.

Senada diungkapkan, Siti Alfiyah (31), peziarah asal Bangkalan. Menurutnya, suaminya semula selalu kalut fikirannya dan tidak kerasan di rumah sekarang jadi betah menungguinya. Itu terjadi setelah diberi minum air dari sumur Qur'an yang diambilnya tiga pekan lalu.

"Ini saya mengambil lagi untuk anak dan suami saya," kata Siti Alfiyah yang ditemui detiksurabaya.com di pinggir sumur tersebut.

Fahrur Rozi Nusantara, warga setempat yang ditemui menyatakan, sebenarnya sudah lama para peziarah membawa air dari sumur Sunan Bonang untuk oleh-oleh. Akan tetapi belakangan hampir setiap peziarah selalu minta air dari sumur Qur'an.

"Kejadian ramainya setelah selesai acara haul Mbah Sunan Bonang sekitar sebulan lalu. Tidak tahu kenapa sekarang air sumur Qur'an karomahnya makin kuat, bagi yang mau mengambil airnya," ungkap Rozi yang ditemui di kompleks makam setempat.

Cerita warga sekitar makam dari mulut ke mulut menyebut, di dasar sumur Qur''an terdapat kita suci Al-qur'an ukuran kecil yang disimpan Sunan Bonang. Dikisahkan, kala itu Sunan Bonang memiliki kitab Al-qur'an ukurannya 2x3 centimeter, warga menyebut Qur'an Setambul.

Kitab yang konon ditemukan sunan secara ghaib ini, menjadi rebutan para murid dan santrinya. Sebab, diyakini siapa pun yang memegang kitab Qur'an Setambul bakal memiliki kelebihan, oleh batin dan kecerdasan. Termasuk juga memiliki kesaktian pilih tanding.

Karena menjadi rebutan agar semua bisa merasakan karomahnya kitab, akhirnya sang Sunan Bonang memasukkan Qur'an Setambul itu ke dalam sumur. Setiap hari airnya dipakai untuk membasuh wajah.

"Bisa saja paska haul beliau sebulan lalu karomah itu sudah ke luar lagi, sehingga airnya menjadi rebutan peziarah," kata Rozi.(bdh/bdh)


Kenapa BBM mesti naik? Apakah tidak ada solusi selain itu?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

0 Comments: